Stadion Poznan: Stadion Megah dan Ramah Lingkungan Untuk Euro 2012

Euro Stadium 2012

“Stadion berkapasitas 40,000 bangku ini merupakan salah satu dari stadion di dunia yang ramah lingkungan dan akan dapat kita saksikan kemegahannya selama di Euro 2012!”

Sebelumnya artikel mengenai tren teknologi ramah lingkungan selama acara sepak bola termegah di Eropa, Euro 2012 telah dibahas di artikel Teknologi Jersey Ramah Lingkungan Nike Di Euro 2012. Kini saat nya ivyannoproject, membahas sisi lain mengenai hal-hal yang unik lainnya seputar tren ramah lingkungan di parhelatan akbar Euro 2012 ini.

Diakui oleh Michael Platini, Presiden UEFA bahwa ini merupakan sebuah keputusan yang tepat untuk menjadikan Polandia sebagai co-host Euro 2012! Mereka memiliki banyak kejutan dari dalam dan luar Polandia, salah satunya datang dari Stadion Miejski atau biasa disebut Stadion Poznań yang merupakan markas dari tim lokal Polandia, Lech Poznań.

Stadion Euro 2012 Polandia Ukraina

Stadion berkapasitas 40,000 bangku ini akan digunakan untuk beberapa pertandingan di Grup C antara Republik Irlandia VS Croatia (10 Juni 2012); Itali VS Croatia (14 Juni 2012); Itali VS Republik Irlandia (18 Juni 2012).

Namun siapa sangka stadion Poznań ini yang megah ini juga siap dalam ikut menerapkan sistim eco-stadium yang ramah lingkungan dan sudah disiapkan khusus dalam penyelenggaraan Euro 2012 ini! Mau tau seperti apa beritanya tentang Stadion Poznan: Stadion Megah dan Ramah Lingkungan Untuk Euro 2012 ini? Ayo kita baca artikelnya!

Stadion Euro 2012

1. Stadion di Jalan Bułgarska ini memenuhi persyaratan perlindungan lingkungan dan eksploitasi sumber daya rasional. Desain stadion memungkinkan untuk penyimpanan air hujan di tangki bawah tanah besar. Air yang dikumpulkan kemudian digunakan kembali untuk mengairi lapangan dan untuk air tanaman lain di sekitar fasilitas

2. Stadion ini akan terus dijaga kualitasnya, kebersihannya dan estetika nya. Dalam rangka peduli akan kebersihan alam para pengelola sadar dan bertanggung jawab atas pengelolaan limbah. Limbah akan dipisahkan dan dipecah menjadi tiga kelompok utama: kertas, plastik dan sampah organik. Setelah berhasil dipisahkan, sampah di sekitar area stadion akan didaur ulang melalui proses penyortiran.

Kursi Stadion Euro 2012

3. Diluar stadion disiapkan zona fan (fan zone) yang menyediakan kursi dengan menggunakan bahan organik untuk menciptakan tempat duduk yang ekologis (eco-chair) bagi penonton.Selain itu,  kursi ramah lingkungan (eco-chair) tersebut  dapat dibawa pulang sebagai suvenir unik untuk para penggemar sepak bola. Eco chair berbentuk kursi lipat dan bentuk di desain seringan dan senyaman mungkin itu para penggemar sepak bola.

zona fan di stadion poznan euro 2012

4. Stadion ini juga sangat memperhatikan kebutuhan para penonton. Kebersihan zona fan akan dijamin kebersihannya oleh staf pembersih, yang akan terus memantau, membersihkan dan mengosongkan tempat sampah. Pada akhir turnamen, zona fan akan dibersihkan dan semua limbah akan dibuang. Kebersihan dan sanitasi dari zona akan selalu dijamin oleh pihak penyelenggara.

5. Pembangunan dan fungsinya telah direncanakan dengan memperhatikan kebaikan lingkungan. Penyelenggara telah memastikan bahwa stadion Poznań bersih dan aman dari sudut pandang keamanan dan lingkungan. Misalnya dengan menghubungkan toilet ke sistem pembuangan limbah kota. Salah satu ide ramah lingkungan ini, bertujuan untuk membangun kesadaran di kalangan penggemar sepak bola.

Polandia Stadium Euro 2012

6. Kepedulian terhadap tanaman hijau yang ada di kawasan Plac Wolnośći dan Aleja Marcinkowskiego menjadi prioritas. Semua pohon dan semak akan mempunyai jaminan yang cukup sehingga mereka dilindungi dari kerusakan selama penyelenggaraan Euro 2012. Penghijauan juga akan dilakukan setiap hari. Setiap kerusakan yang timbul akibat dari aktivitas fans akan diperbaiki dan dipulihkan.

7. Penyelenggara juga akan mengurus kondisi semua jalan-jalan yang akan menghubungkan antara zona fan dengan stadion. Jalanan yang sering dilewati oleh penggemar akan seecara teratur dibersihkan. Tempat sampah tambahan dengan sistem pemisahan sampah akan ditempatkan di sekitar area pelataran stadion serta penambahan toilet umum.

Wahh.. Semoga tren teknologi eco-stadium seperti ini bisa ditiru ya oleh pemerintah Indonesia dalam mengembangkan stadion-stadion besar di Indonesia yang kita miliki. Selain stadion nya tambah canggih, kita juga pasti bangga jika mempunyai stadion yang menggunakan teknologi ramah lingkungan.

Article by: Ivyanno Canny | Source: Compiled from various sources (2012)

Stadion Poznan: Stadion Megah dan Ramah Lingkungan Untuk Euro 2012
Follow ivyannoproject Twitter: @ivyannoproject
About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s